S I L A M
Sistem Informasi & Layanan Mahasiswa
Politeknik Negeri Batam
Tentang Pelayanan

Frequently Asked Questions (FAQ)

Ijazah Sudah Selesai
Silahkan pastikan bahwa nama dan nim yang bersangkutan sudah ada di dalam list ijazah yang siap diambil melalui LINK IJAZAH YANG SUDAH READY . Proses penerbitan ijazah minimal 2 minggu (14 hari) setelah tanggal yudisium.

Kami memberikan layanan via zoom untuk pertanyaan terkait ijazah pada hari senin dan kamis pukul 10.00 - 12.00 WIB. Berikut Link nya : https://zoom.us/j/92235694786?pwd=bnVTTkd4aHlzcWxBWXQ2YVpwRUhqQT09 ( Meeting ID: 922 3569 4786 - Passcode: Polibatam! )

Penerbitan Ijazah
Proses penerbitan ijazah minimal 2 minggu (14 hari) setelah tanggal yudisium. Ketentuan foto ijazah dapat dilihat pada CONTOH FOTO IJAZAH KLIK DI SINI .

Kami memberikan layanan via zoom untuk pertanyaan terkait ijazah pada hari senin dan kamis pukul 10.00 - 12.00 WIB. Berikut Link nya : https://zoom.us/j/92235694786?pwd=bnVTTkd4aHlzcWxBWXQ2YVpwRUhqQT09 ( Meeting ID: 922 3569 4786 - Passcode: Polibatam! )

Pengambilan Ijazah
Untuk pengambilan ijazah silahkan Dilihat pada sheet online berikut : https://bit.ly/3ihyeim . Apabila status sudah Ready, anda bisa datang ke Pusat Informasi pada hari Senin s/d Jumat di loket 1 mulai pukul 08.00 - 16.00 . Bila belum mengumpulkan foto, harap dibawa pada saat akan mengambil ijazah dan diserahkan kepada petugas. Kami memberikan layanan via zoom untuk pertanyaan terkait ijazah pada hari senin dan kamis pukul 10.00 - 12.00 WIB. Berikut Link nya : https://zoom.us/j/92235694786?pwd=bnVTTkd4aHlzcWxBWXQ2YVpwRUhqQT09 ( Meeting ID: 922 3569 4786 - Passcode: Polibatam! )
Minta Cap/TTD Pudir di saat layanan Pusat Informasi tutup
Pada saat layanan Pusat Informasi tutup bagi mahasiswa yang memiliki keperluan berupa butuh cap/ttd pudir silahkan titipkan dokumen yang harus di cap di security lobby gedung utama dan di tuliskan detail keperluan cap seperti apa yang diinginkan, dokumen dapat diambil kembali esok hari (hari kerja). Kami memberikan layanan via zoom untuk pertanyaan terkait ijazah pada hari senin dan kamis pukul 10.00 - 12.00 WIB. Berikut Link nya : https://zoom.us/j/92235694786?pwd=bnVTTkd4aHlzcWxBWXQ2YVpwRUhqQT09 ( Meeting ID: 922 3569 4786 - Passcode: Polibatam! )
Meminta Legalisir Ijazah dan Transkrip Nilai
Silahkan ke loket pelayanan pusat informasi pada hari dan jam kerja dengan membawa fotocopy ijazah dan transkrip nilai yang akan dilegalisir.
Ijazah hard copy
Sehubung dengan telah berlakunya penerbitan ijazah Digitalisasi, maka penerbitan cetak ijazah ditiadakan, bagi lulusan yang membutuhkan Legalisir silahkan cetak melalui laman /https:\\sim.polibatam.ac.id

Pengisi Tracer Study
Alumni Politeknik Negeri Batam
Cara mengisi Tracer Study
Alumni Politeknik Negeri Batam dapat melakukan pengisian Tracer Study pada link: https://bit.ly/DataLulusanPolbat2020 (untuk lulusan tahun 2020), http://bit.ly/TracerPolbat2019 (untuk lulusan tahun 2019), https://bit.ly/TracerPolibatam (untuk lulusan 2016 - 2018).
Kapan Pengisian Tracer Study
Tracer Study diisi sebelum atau pada saat alumni dinyatakan lulus utk pendataan awal lulusan, selanjutnya alumni dapat mengisi kembali utk mengupdate data terkait kondisi dan situasi terbaru alumni.
Pengertian Tracer Study
Tracer Study merupakan studi penelusuran alumni untuk mengetahui kegiatan alumni setelah lulus, transisi dari dunia pendidikan ke dunia kerja, situasi kerja, kompetensi dan penggunaan kompetensi dalam pekerjaan dan perjalanan karir.
Tentang Tracer Study
Tracer Study merupakan studi penelusuran alumni untuk mengetahui kegiatan alumni setelah lulus, transisi dari dunia pendidikan ke dunia kerja, situasi kerja, kompetensi dan penggunaan kompetensi dalam pekerjaan dan perjalanan karir.
Manfaat mengisi Tracer Study
Informasi yang didapat dari tracer study sangat berguna untuk evaluasi terhadap berbagai hasil pendidikan tinggi, penyempurnaan dan penjaminan kualitas lembaga pendidikan tinggi, relevansi dan pengembangan kurikulum perguruan tinggi, sumber informasi bagi para pemangku kepentingan (stakeholders) dan pengambilan keputusandan pembuatan kebijakan, serta kelengkapan persyaratan bagi akreditasi Dikti.

Pembayaran Uang Cuti
Pembayaran Uang Cuti dapat di bayarkan di awal ketika mengajukan cuti atau di akhir ketika akan mengaktifkan kembali status anda sebagai mahasiswa. Uang Cuti dibayarkan ke Rekening A.N BPN 137 Politeknik Negeri Batam dengan nomor rekening 992020120
Biaya Cuti Kuliah
Besaran biaya cuti yang harus dibayarkan adalah sebagai berikut : a. untuk UKT 1 sampai UKT 4 adalah 20% dari tarif UKT 4 b. untuk UKT 5 dan seterusnya adalah 20% dari biaya UKT yang dibayar mahasiswa.
Alur pengajuan perubahan status ( cuti)
Untuk alur pengajuan perubahan status ( cuti) dapat dilihat di website: https://sim.polibatam.ac.id/index.php?page=perubahan_status
Alur pengajuan perubahan status (pindah kelas)
Untuk alur pengajuan perubahan status (pindah kelas) dapat dilihat di website: https://sim.polibatam.ac.id/index.php?page=perubahan_status
Alur pengajuan perubahan status (pengunduran diri)
Untuk alur pengajuan perubahan status (pengunduran diri) dapat dilihat di website: https://sim.polibatam.ac.id/index.php?page=perubahan_status

Cetak bukti bayar UKT
Silahkan ajukan dahulu permintaan surat keterangan bayar uang kuliah atau SKBK melalui: https://sim.polibatam.ac.id/ Untuk hasil print out nya bisa diambil langsung ke Pusat Informasi ataupun silahkan sertakan email jika berhalangan mengambil secara langsung.
Cara Pembayaran Angsuran UKT
Untuk pembayaran cicilan UKT dapat dilakukan dengan cara menggunakan VA (Virtual Account) yang didapat pada saat generate VA pada fitur angsuran UKT atau dengan cara transfer ke Rekening Politeknik Negeri Batam (No Rek. 992020120 A.N BPN 137 Politeknik Negeri Batam). Bukti pembayaran dapat diunggah kedalam form pembayaran difitur angsuran UKT. (Lihat di website sim.polibatam.ac.id untuk mekanisme pembayaran lengkapnya).
Mekanisme pengajuan bantuan biaya UKT 50%
Syarat pengajuan Bantuan 50% apabila mahasiswa melewati masa studi dan maksimal 6 sks. Pengajuan hanya dapat dilakukan satu kali selama masa studi. Mekanisme pengajuan dapat dilihat di website: https://sim.polibatam.ac.id/main.php?page=status-50%
Alur pengajuan bantuan biaya UKT 50%
Untuk alur pengajuan bantuan biaya UKT 50% dapat dilihat di website: https://sim.polibatam.ac.id/index.php?page=keringanan_ukt
Alur pengajuan perubahan UKT
Untuk alur pengajuan perubahan UKT dapat dilihat di website: https://sim.polibatam.ac.id/index.php?page=keringanan_ukt
Alur pengajuan angsuran UKT
Untuk alur pengajuan angsuran UKT dapat dilihat di website: https://sim.polibatam.ac.id/index.php?page=keringanan_ukt

Kebijakan Bantuan Biaya Pendidikan 50%
ketentuan umum terkait kebijakan ini dapat dijelaskan sebagai berikut: 1. Di peruntukkan kepada mahasiswa yang telah melewati batas lulus normal (D3= 6 semester, dan Sarjana Terapan= 8 Semester) 2. Terbatas untuk mahasiswa yang hanya memiliki tanggungan sks maksimal 6 sks 3. Pengajuan dilakukan di https://sim.polibatam.ac.id 4. Mendapatkan rekomendasi dari dosen wali melalui https://sim.polibatam.ac.id
Kebijakan Pembayaran Secara Mengangsur
Kententuan umum terkait kebijakan ini dapat dijelaskan sebagai berikut: 1. Pengajuan membayar dengan mengangsur wajib dilakukan melalui perwalian 2. Mahasiswa mengajukan melalui https://sim.polibatam.ac.id 3. Mendapatkan rekomendasi wali dosen di https://sim.polibatam.ac.id
Kebijakan Keringanan Uang Kuliah Tunggal
Kententuan umum terkait kebijakan ini dapat dijelaskan sebagai berikut: 1. Mahasiswa wajib melakukan perwalian ke dosen wali 2. Mahasiswa mendapatkan rekomendasi dosen wali 3. Mahasiswa mengajukan melalui https://sim.polibatam.ac.id 4. Mahasiswa melengkapi persyaratan sesuai yang ada di https://sim.polibatam.ac.id
Sanksi Keterlambatan Daftar Ulang
Keterlambatan daftar ulang sesuai jadwal tidak dapat difasilitasi. Sejak 2017, Politeknik Negeri Batam melaporkan data akademik ke KEMENDIKBUD melalui https:// pddikti.kemdikbud.go.id dua kali per semester, di awal semester untuk pelaporan pengambilan mata kuliah mahasiswa dan di akhir semester untuk pelaporan nilai hasil studi. Apabila pada saat pelaporan awal semester tidak terlapor karena mahasiswa terlambat melakukan daftar ulang, maka nilai hasil studi tidak dapat dilaporkan di akhir semester yang berakibat mahasiswa tersebut dianggap tidak aktif dan tidak terdaftar pada semester tersebut.

Jadwal Pembukaan Beasiswa PPA
Dapat dilihat di Sistem Informasi Mahasiswa
Instagram: @polibatamofficial
Facebook: Politeknik Negeri Batam
Pengumuman penerimaan beasiswa
Dapat dilihat di website:
Learning mahasiswa
SILAM


Sosial Media
Instagram: @polibatamofficial
Facebook : Politeknik Negeri Batam
Bantuan Terkait Beasiswa Lainnya
Informasi lainnya terkait beasiswa silahkan email ke:
[email protected]

Whatsapp admin : 081276187762

Anda dapat menghubungi kami pada jam kerja senin-jumat / 08:30-16:30
Mekanisme Pencairan Beasiswa
Pada prinsipnya, beasiswa dicairkan melalui transfer langsung ke rekening mahasiswa penerima beasiswa. Besaran dan jangka waktu beasiswa tergantung jenis dan sumber dana beasiswa. Biaya transfer yang dikenakan pihak Bank dipotong dari beasiswa yang ditransfer.
Ketidaklengkapan data mengenai nomor rekening atas kelalaian penerima beasiswa yang mengakibatkan beasiswa gagal dicairkan, menjadi tanggung jawab penerima beasiswa.
Rekening Untuk Menerima Beasiswa
Rekening BNI 46 yang aktif dan atas nama pribadi
Syarat Pengajuan dan Seleksi Penerima Beasiswa
1. Terdaftar sebagai mahasiswa aktif pada semester berjalan dan menunjukkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang berlaku. 2. memiliki IPK yang memenuhi syarat yang ditetapkan untuk setiap jenis beasiswa. 3. tidak sedang atau mengambil cuti akademik. 4. tidak terkena kasus atau sanksi akademik dan/atau administratif. 5. Aktif dalam kegiatan kemahasiswaan, sebagai nilai tambah.
Alur Pendaftaran Beasiswa
1. Mahasiswa login menggunakan akun yang sudah dibuat sebelumnya.
2. Mahasiswa mengisi data pribadi dengan lengkap dan sesuai.
3. Mahasiswa memilih jenis beasiswa yang ingin di daftar.
6. Mahasiswa mengunggah dokumen yang diperlukan untuk keperluan beasiswa.
7. Mahasiswa menunggu pengajuan dokumen beasiswa untuk direkomendasikan oleh dosen wali.
8. Mahasiswa menunggu pengajuan dokumen beasiswa untuk direkomendasikan oleh Akademik.
8. Pengumuman penerimaan akan segera diberitahukan melalui website: sim.polibatam.ac.id

Apa saja Kegiatan Kemahasiswaan
Kegiatan Kemahasiswaan mencakup Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa), Lomba, Pertukaran Mahasiswa Nasional dan Internasional, Pengabdian Mahasiswa kepada Masyarakat, Program Mahasiswa Wirausaha (PMW), dan Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM)
Informasi kegiatan kemahasiswaan
Informasi terkait kegiatan Kemahasiswaan dapat diperoleh dari website Polibatam: https://tak.polibatam.ac.id website Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas): https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/ Media Sosial Polibatam: @polibatamofficial (Instagram) Politeknik Negeri Batam (Facebook)
Pengajuan tanda tangan PUDIR 3
Konfirmasi kepada bagian Kemahasiswaan di Pusat Informasi
Tentang Regulasi
Menu regulasi dapat di lihat di website: https://sim.polibatam.ac.id/index.php?page=regulasi
Tentang Konseling
Informasi seputar konseling dapat di lihat di website: https://sim.polibatam.ac.id/index.php?page=konseling
Kuesioner kepuasan layanan
Mahasiswa dapat mengisi kuesioner kepuasan layanan bagian kemahasiswaan melalui
https://polibatam.id/SurveiKepuasanBagianKemahasiswaan

Bagaimana Pembuatan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)

Pembuatan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) Politeknik Negeri Batam sesuai dengan mekanisme dan ketentuan yang tercantum pada Pengumuman Pembuatan Kartu Tanda Mahasiswa Nomor 3188/PL29/XI/2023 (silahkan klik).
Berikut link pengajuan pembuatan KTM sesuai pilihan :
1. PIlihan KTM berbentuk ATM BANK BTN Syariah Klik Di Sini

2. Pilihan KTM berbentuk Kartu Uang Elektronik BANK BTN Syariah Klik Di Sini

3. Pilihan KTM berbentuk ATM BANK BNI Klik Di Sini
Chek Progress Pembuatan KTM BNI sebelum tanggal 28 November 2023 silahkan Klik Di Sini

Informasi lebih lanjut pembuatan KTM silahkan menghubungi :


1. Info KTM BNI silahkan Menghubungi Ibu Fauziah

2. Info KTM BTN Syariah silahkan Menghubungi Bapak Fredwin

Bagaimana proses mengajukan peminjaman ruangan untuk kegiatan Organisasi Mahasiswa (Ormawa)
Peminjaman ruangan untuk kegiatan Ormawa dilakukan dengan mengunduh dan mengisi borang peminjaman ruangan melalui Klik Disini Untuk Mendapatkan Borang .
Peminjaman ruangan dilakukan pada hari dan jam kerja (Senin-Jumat) setelah disetujui dosen pembina dan PIC masing-masing ruangan ,selanjutnya diserahkan ke Sub Bagian Umum (Lantai 3 Gedung Utama Ruang 306) untuk mendapat persetujuan.

Tentang Konseling Mahasiswa
Informasi seputar konseling dapat di lihat di SILAM pada menu Informasi Lainnya.
Mekanisme Pendaftaran Konseling Mandiri
Mahasiswa dapat melakukan pengisian pendaftaran konseling melalui form yang sudah disediakan pada SILAM menu Informasi Lainnya. Mahasiswa dapat mengisi data diri dan deskripsi permasalahan secara rinci sebagai acuan awal konselor menelaah masalah yang sedang dihadapi mahasiswa. Konselor dan PIC konseling telah berkomitmen untuk sebisa mungkin menjaga kerahasiaan pengajuan konseling yang mahasiswa ajukan.
Waktu dan Tempat Pelaksanaan Konseling
Pelaksanaan konseling dijadwalkan setiap hari Jumat pukul 14.00 sampai selesai. Konseling dilaksanakan selama 90 menit atau bisa lebih cepat. Jika terdapan keadaan mendesak dimana mahasiswa harus segera melakukan konseling, mahasiswa dapat menuliskan catatan pada deskripsi permasalahannya, agar PIC dapat menjadwalkan sesi konseling secepat mungkin. Tempat pelaksanaan konseling berada di Lobby Gedung Asrama E, pintu sebelah kiri. Jangan lupa untuk lepas alas kaki sebelum masuk ya ;)

Cetak KHS
Pencetakan KHS bisa dilakukan di sim.polibatam.ac.id pada menu akademik
Cetak Transkrip Nilai Sementara
Pencetakan Transkrip Sementara bisa dilakukan di sim.polibatam.ac.id pada menu akademik - Laporan Kemajuan Akademik
Pembuatan surat keterangan mahasiswa
untuk pembuatan Surat Keterangan Mahasiswa silahkan ajukan terlebih dahulu melalui website: https://sim.polibatam.ac.id/main.php?page=formSK . Mahasiswa dapat mencetak sendiri SKM, tanpa perlu meminta nomor surat ke Pusat Informasi
Cap/TTD Pudir di saat layanan Pusat Informasi tutup
Pada saat layanan Pusat Informasi tutup bagi mahasiswa yang memiliki keperluan berupa butuh cap/ttd pudir silahkan titipkan dokumen yang harus di cap di security lobby gedung utama dan di tuliskan detail keperluan cap seperti apa yang diinginkan, dokumen dapat diambil kembali esok hari (hari kerja).
Cetak bukti bayar uang kuliah
Silahkan ajukan dahulu permintaan surat keterangan bayar uang kuliah atau SKBK melalui sim.polibatam.ac.id ya. Untuk hasil print out nya bisa diambil langsung ke Pusat Informasi ataupun silahkan sertakan email jika berhalangan mengambil secara langsung.

S I L A M
Lihat F A Q